JIKA TIDAK ASLI, UANG ANDA KAMI KEMBALIKAN 100% | 0812-1532-3196 | Pin BB: D09CB79A

Manfaat Betakaroten Dari Buah Merah

Buah merah Papua memiliki kandungan betakaroten yang tinggi. Betakaroten ini dikenal sebagai antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya apa sih betakaroten itu?

Betakaroten merupakan unsur yang sangat potesial dan penting bagi tubuh. Unsur ini merupakan persenyawaan kimiawi yang terlibat dalam berbagai reaksi kimiawi fisiologik dalam rangkaian metabolisme. Berbagai reaksi tingkat seluler banyak melibatkan senyawa yang banyak ditemukan pada sebagian besar sayuran dan buah-buahan ini. 

buah merah
Struktur Betakaroten

Biasanya, sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli, daun ubi jalar, juga wortel banyak mengandung betakaroten. Sedangkan buah-buahan seperti mangga, alpukat, semangka dan melon juga cukup banyak mengandung senyawa ini. 

Betakaroten sendiri sesungguhnya merupakan provitamin A yakni sumber penting bagi vitamin A. Di dalam saluran pencernaan, khususnya pada usus halus, betakaroten akan mengalami penyerapan yang kemudian disimpan di dalam sel hati. Di dalam sel hati, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A, dan siap digunakan kalau dibutuhkan untuk berbagai raksi metabolisme. 

Para ahli nutrisi merekomendasikan, tubuh membutuhkan betakaroten setidaknya 5-6 mg setiap harinya. Sebagaimana vitamin lain, meskipun jumlahnya hanya sedikit, tetapi sangat diperlukan sehingga kalau tidak terpenuhi kebutuhannya, dapat menimbulkan gangguan fungsi vital tubuh. 

Menurut hasil penelitian, betakaroten sangat mungkin memiliki manfaat menghambat kanker, terutama kanker pada saluran pernapasan, saluran pencernaan dan sebagian jenis kanker serviks. Disamping itu, betakaroten juga dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas karena peran antikosidannya. 

Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak sel, bahkan dapat memicu timbulnya kelainan pada tingkat sel yang selanjutnya berubah menjadi prekanker. Betakaroten memberikan perlindungan pada tingkat seluler, dimana DNA yang merupakan suatu inti genetik, pembawa sifat ketururnan diproteksi terhadap berbagai gangguan bahan asing yang mengacaukan kode genetiknya.

Betakaroten sangat diperlukan oleh tubuh kita. Oleh karena itu rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung betakaroten seperti buah merah asli Papua.



@



0 komentar:

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

Manfaat Betakaroten Dari Buah Merah | Buah Merah | Buah Merah Papua