JIKA TIDAK ASLI, UANG ANDA KAMI KEMBALIKAN 100% | 0812-1532-3196 | Pin BB: D09CB79A

Buah Merah Didaftarkan Ke HAKI




Sedikitnya 87 karya seni lagu serta 21 berbagai merek karya asli masyarakat di Provinsi Papua, telah didaftarkan sebagai hak atas kekayaan intelektual (HaKI) di Dirjen Kehakiman Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta.

Ketua Klinik Hak atas Kekayaan Intelektual Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Samuel Safkauer SE,MM di Biak, Senin, mengatakan, dengan adanya pendaftaran hak kekayaan intelektual berupa merek, karya lagu, foto maupun penemuan obat-obatan maupun berbagai jenis tanaman maka keberadaannya dapat terlindungi secara hukum.

"Berbagai hasil karya seni lagu daerah maupun beraneka jenis tanaman obat yang banyak ditemukan masyarakat di tanah Papua harus segera didaftarkan ke Dirjen Kehakiman untuk menjamin keaslian maupun penciptaanya," ungkap Safkauer di sela-sela sosialisasi HaKI kepada pengusaha kecil di Kabupaten Biak Numfor.

Ia mengakui, di antara berbagai jenis tanaman khas Papua yang telah didaftarkan serta memiliki sertifikat hak kekayaan intelektual seperti buah merah, sarang semut serta beberapa jenis lainnya.

Setelah hasil tanaman tradisional seperti buah merah didaftarkan dalam HaKI, lanjutnya, maka keberadaan buah tersebut dapat terlindungi karena karya tersebut merupakan hak milik asli masyarakat Papua.

"Secara hukum jika karya seni lagu,merek dagang serta berbagai jenis tanaman khas yang dihasilkan seseorang telah terdaftar dalam HaKI maka keaslian penemunya dan barang tersebut dapat terjamin, " katanya.

Menyinggung biaya pengeluaran pendaftaran HaKI sebuah karya seni lagu daerah, kata Sakauer, sesuai dengan aturan biaya untuk pengurusan pendaftaran di Dirjen Kehakiman Jakarta dibutuhkan dana Rp400 ribu.

Sementara biaya lainnya dalam pengurusan HaKI di Jakarta, guna mendapatkan sertifikasi berkisar Rp150 ribuan.

"Untuk biaya pendaftaran HaKI seharusnya disediakan Pemkab/Pemkot karena ini menyangkut perlindungan terhadap karya seni lagu serta maupun keasliannya," ujarnya.




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Previous Posting Lebih Baru
Buah Merah Didaftarkan Ke HAKI | Buah Merah | Buah Merah Papua